Manfaat Logo Bagi UKM

0 komentar
Para pakar bisnis dan pemasaran menekankan kepada para pelaku UKM untuk membranding usaha mereka dengan memiliki sebuah logo dan tampilan perangkat identitas (kartu nama, stempel, kop surat, papan nama, dsb) yang professional dan konsisten, yang biasa disebut “Brand Identity System”. Logo dan tampilan identitas yang dimiliki sebuah perusahaan secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan tersebut. Karena logo dan tampilan identitas perusahaan yang professional dan konsisten memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Menunjukkan Bahwa Usaha Kita Mapan

Dengan memiliki desain logo dan perangkat identitas yang terlihat professional dan diterapkan secara konsisten akan menunjukan bahwa Kita adalah perusahaan yang sungguh-sungguh berkomitmen terhadap bisnis sekaligus klien/konsumen Kita. Dan juga menunjukan bahwa Kita tidak main-main dalam menjalankan usaha ini, terutama dalam melayani para klien/konsumen. Selain itu, perusahaan Kita juga akan terlihat sebagai perusahaan yang telah berpengalaman dalam bisnis yang sedang Kita jalani.

2. Menarik Lebih Banyak Klien
Beberapa tipe calon klien/konsumen akan mencari perusahaan yang terlihat profesional di mata mereka, dan juga yang terasa nyaman di hati. Untuk tipe klien/konsumen seperti ini apa yang mereka lihat dan rasakan akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan mereka. Ada juga tipe calon klien yang apabila mereka terpesona dengan penampilan identitas sebuah perusahaan maka itu akan menjadi alasan bagi mereka untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan perusahaan tersebut.

3. Meningkatkan Kepercayaan Klien

Desain logo yang baik dapat membuat perusahaan Kita terlihat profesional, berpengalaman, dan dapat dipercaya. Apabila perusahaan Kita ingin agar dikenal sebagai ahli di dalam industri yang sedang dijalani maka kepercayaan dari klien/konsumen adalah hal pertama yang harus diperjuangkan. Sehingga mereka yang baru pertama kali melihat perusahaan kita tidak akan merasa ragu untuk berinteraksi dan bertransaksi dengan Kita.

4. Lebih Mudah dan Lebih Lama Diingat
Empat puluh persen manusia mengingat lebih baik apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka dengar atau baca. Maka memiliki desain logo dan tampilan identitas perusahaan yang diaplikasikan secara konsisten pada material-material promosi perusahaan (kartu nama, flyer, brosur, dsb) akan membuat perusahaan Kita memiliki nilai lebih bagi klien/konsumen. Klien/konsumen akan merasa terkesan dengan perusahaan Kita, dan pada umumnya apabila seseorang telah terkesan dengan sesuatu maka sesuatu itu akan menempel di benak mereka untuk waktu yang lama.

5. Agar Menonjol di Tengah Persaingan

Memiliki desain logo dan tampilan identitas yang dirancang secara profesional dapat membuat perusahaan Kita tampil menonjol di atas perusahaan lain, terutama apabila dipadukan dengan program marketing perusahaan yang dirancang serta dijalankan secara matang.

6. Agar Terlihat Lebih Besar
Tampilan identitas perusahaan yang dirancang seadanya, misalnya desain logo yang dibuat dengan meniru gaya dari logo yang sudah populer, pemilihan warna yang berdasarkan selera pribadi, nama perusahaan yang ditulis menggunakan jenis huruf yang terus berubah-ubah, atau kartu nama yang dibuat menggunakan desain gratisan, dapat membuat perusahaan anda tampak tidak meyakinkan, tidak berpengalaman, asal-asalan, dan kesan-kesan lain yang tidak akan pernah kita harapkan.

7. Sebagai "Wajah" Perusahaan
Kita memerlukan brand identity system ( logo dan tampilan visual identitas perusahaan ) sebagai alat untuk membangun merek perusahaan dan sekaligus untuk membentuk “wajah” perusahaan Kita. Calon klien/konsumen akan dapat membaca seperti apa perusahaan Kita melalui apa yang mereka lihat dari desain logo dan tampilan visual identitas perusahaan Kita. Maka berhati-hatilah dalam merancang “wajah” perusahaan Kita. Jika Kita ingin menanamkan kesan yang baik di hati calon klien/konsumen, maka buatlah desain logo dan tampilan visual identitas perusahaan Kita dengan sebaik mungkin.

8. Menghadirkan Kesan Profesional
Perusahaan Kita mungkin belum menjadi perusahaan yang memiliki banyak jam terbang. Perusahaan Kita mungkin belum mencapai level professional yang sesungguhnya. Namun dengan memiliki desain logo dan tampilan identitas perusahaan yang profesional Kita akan tetap memiliki peluang untuk mendapatkan kesan yang baik serta kepercayaan dari calon klien/konsumen. Karena desain logo dan tampilan identitas perusahaan yang profesional akan menjadi bukti kepada calon klien/konsumen bahwa perusahaan Kita adalah perusahaan yang dapat dipercaya dan layak untuk diajak bekerjasama.

9. Memperjelas Nama Perusahaan
Apabila perusahaan Kita memiliki nama yang terdiri dari kata-kata yang tidak umum, atau mungkin berupan akronim, maka gambar logo Kita dapat menjadi petunjuk yang akan memperjelas nama perusahaan Kita tersebut.

10. Menumbuhkan Rasa Cinta

Apabila Kita memiliki nama perusahaan yang sulit untuk diucapkan dan sulit untuk diingat maka hal itu dapat menyulitkan klien/konsumen untuk berinteraksi dengan kita. Hal itu bahkan dapat menjadi faktor yang akan membuat calon klien/konsumen mengurungkan niat mereka untuk bekerjasama dengan perusahaan Kita. Dan kecil harapan mereka akan menghubungi kita pada waktu yang akan datang.

Sebaliknya, apabila perusahaan Kita memiliki nama yang mudah diingat, mudah diucapkan, ditambah lagi dengan desain logo dan tampilan identitas yang menarik maka besar peluang Kita untuk mendapatkan kepercayaan dari calon klien/konsumen. Kemudian seiring dengan proses dan interaksi yang intens bukan tidak mungkin mereka akan “jatuh cinta” kepada perusahaan Kita.

11. Menjelaskan Tipe Bisnis yang Tidak Umum
Apabila perusahaan Kita menjalani sebuah bidang usaha yang tidak umum yang mungkin sulit untuk dijelaskan kepada audiens, maka desain logo perusahaan kitaita dapat membantu memberi sedikit gambaran kepada mereka tentang siapa dan apa yang perusahaan kita lakukan.

12. Sebagai Ciri Khas
Desain logo dan tampilan identitas perusahaan yang dirancang secara profesional mampu mengungkapkan banyak makna mengenai perusahaan Kita dan reputasinya di dalam bisnis yang Kita jalani. Selain itu, desain logo dan tampilan identitas perusahaan juga akan menjadi pembeda antara perusahaan Kita dengan kompetitor.

13. Memenuhi Standardisasi
Dalam beberapa tipe industri, memiliki logo adalah sebuah standar baku yang harus dipenuhi.

14. Menunjukkan Harga Diri dan Kebanggaan Perusahaan
Desain logo dan tampilan identitas perusahaan yang dirancang secara sesungguh-sungguh dan professional menunjukan bahwa Kita menghargai perusahaan Kita. Sebaliknya, jika desain logo dan tampilan identitas perusahaan Kita dirancang seadanya akan menunjukan, sengaja atau tidak, bahwa Kita tidak sungguh-sungguh dalam usaha Kita. Persepsi seperti ini pula lah yang dapat muncul di benak audiens dan calon klien/konsumen yang melihatnya, dan mereka akan berpikir dua kali untuk berinteraksi dengan perusahaan Kita.

Disamping itu, dengan memiliki desain logo dan tampilan identitas yang professional maka kepercayaan diri Kita sebagai pemilik usaha akan meningkat. Kepercayaan diri itu nantinya akan berpengaruh terhadap setiap tindakan dan sikap Kita dalam berinteraksi dengan siapapun. Kita dapat dengan percaya diri menyebutkan dan menceritakan tentang perusahaan Kita kepada siapapun yang bertanya tentangnya.

Sumber

Sudah Usaha Anda Memiliki Logo?


Posting Komentar

Komentar anda sedang menunggu moderasi. Terimakasih atas komentar anda.